tidur sehat

Tidur Sehat – Tips Menjaga Kenyamanan Saat Tidur

tidur sehatTidur Sehat – Tips Menjaga Kenyamanan Saat Tidur

Tidur Sehat | Banyak hal yang harus kita kerjakan, oleh sebab itu istirahatlah dan pulihkan kondisi Anda dengan tidur malam yang baik. Kualitas dan kuantitas tidur Anda akan dapat meningkatkan produktivitas di keesokkan hari. Berikut ini 10 tips yang akan membantu Anda mendapatkan tidur yang dibutuhkan dan layak Anda dapatkan.

1.BERIKAN DIRI ANDA KESEMPATAN UNTUK TIDUR
Menjadikan tidur sebagai salah “prioritas” Anda bukan hal yang mudah. Akan tetapi, Anda    akan bersyukur keesokkan harinya.
2.BERISTIRAHATLAH LEBIH AWAL DI MALAM HARI
Cobalah untuk menenangkan diri beberapa jam sebelum Anda pergi tidur.
3.MULAI RITUAL TIDUR
Melakukan hal yang sama setiap malam sebelum tidur akan merespon Anda untuk beristirahat di waktu malam.
4.MENJAGA RUTINITAS
Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam, begitu pula ketika Anda bangun di pagi hari, bahkan ketika Anda tengah berakhir pecan.
5.CIPTAKAN RUANG BERISTIRAHAT YANG AMAN
Tidurlah di ruangan yang sejuk, gelap dan terbebas dari suara-suara yang dapat mengganggu tidur Anda.
6.TIDURLAH DI ATAS MATRAS YANG NYAMAN DAN KOKOH
Sangatlah sulit untuk tidur di atas matras yang terlalu kecil, lembut, keras atau tua.
7.OLAH RAGA YANG TERATUR
Akan membantu Anda lepas dari stress dan ketegangan sehari-hari. Tapi, jangan berolah raga menjelang tidur karena akan membuat Anda sulit untuk tertidur.
8.KURANGI KONSUMSI ZAT-ZAT PERANGSANG TUBUH
Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat perangsang seperti kafein di malam hari akan membuat tidur Anda menjadi lebih sulit.
9.JANGAN MEROKOK
Perokok cenderung lebih sulit untuk tidur dan mudah terbangun di waktu malam.
10.KURANGI ALKOHOL
Minum minuman berakohol menjelang tidur akan menganggu serta memotong waktu tidur Anda.

2.   Membuat Ruang Tidur yang Nyaman
 
Ruang tidur Anda seharusnya tenang dan nyaman. Suara-suara dan cahaya yang tak diinginkan, matras yang tidak nyaman serta divan yang sudah terlalu lama dipakai atau ruangan yang terlalu panas atau dingin dapat membuat Anda tidak mendapatkan tidur yang dibutuhkan. Anda selayaknya menikmati tidur yang sempurna.
Kamarku Surgaku
Apakah ruang tidur Anda sudah sempurna untuk tidur yang baik?  Berikut ini empat faktor yang dapat memberikan perubahan :

–       Matras dan Divan
Pastikan matras beserta divannya dapat menopang tubuh Anda dengan baik, sehingga Anda merasa nyaman. Jika Anda memiliki pasangan tidur, matras Anda seharusnya memiliki ruang gerak yang cukup.

Tidur Sehat – Tips Menjaga Kenyamanan Saat Tidur

–       Cahaya
Cahaya merupakan tanda perubahan waktu yang sangat dikenal tubuh Anda. Matahari terbit dapat membangunkan otak, jauh sebelum weker berbunyi. Kamar yang gelap sangat sempurna untuk tidur, baik siang siang maupun malam.
–       Gangguan Suara
Suara-suara yang keras dan mengagetkan, baik di dalam atau di luar rumah, mengganggu jalannya tidur. Suara-suara yang rendah dan stabil ssperti suara kipas angina tau AC, menenangkan karena membantu mengurangi suara lain yang mengganggu.
–       Suhu Ruang
Suhu ruang yang ideal untuk kamar tidur adalah 60 sampai 65 derajat Fahrenheit ( 16-18 derajat Celsius ). Sebuah kamar yang terlalu panas atau dingin mengganggu kenyamanan tidur.

3.   Sudah Waktunya Anda Memiliki Mattras Baru
 
Ingatkah Anda kapan terakhir kalinya Anda menikmati tidur malam yang sangat nyenyak?
Apakah lebih dari setahun yang lalu? Mungkin waktu itu Anda bukan berada di tempat tidur sendiri. Di manakah Anda? Di sebuah hotel? DI kursi malas favorit anda?
Seringkali jawaban yang diperoleh, bukanlah di tempat tidur Anda sendiri. Tapi seharusnya Anda menikmati tidur malam di atas matras sendiri.
Jika Anda mengalami kesulitan tidur di tempat tidur sendiri, Anda perlu mempertimbangkan bahwa penyebabnya adalah matras Anda. Mungkin sudah waktunya Anda membeli matras baru jika :

–       Ketika bangun, tubuh Anda terasa sakit, pegal atau kaku
–       Tidur Anda tidak seenak tidur Anda setahun yang lalu
–       Tidur paling enak yang Anda alami bukan di tempat tidur Anda
–       Tanda-tanda kerusakan/robek mulai tampak.

Tidur Sehat – Tips Menjaga Kenyamanan Saat Tidur

Seringkali, orang-orang tidak menyadari bahwa matras yang mereka miliki sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka lagi. Anda bias menghindari kurang tidur dengan mengevaluasi kenyamanan dan kekuatan tempat tidur Anda dua kali setahun.
Jika Anda masih merasa tidak yakin bahwa matras Anda penyebab sulitnya tidur, Anda mungkin perlu mengunjungi tempat penjualan matras untuk membandingkan antara matras di took dengan matras di rumah Anda.

Sumber : http://www.oscarliving.com/?scr=21&ID=4&selectLanguage=2

One thought on “Tidur Sehat – Tips Menjaga Kenyamanan Saat Tidur

  1. Pingback: Matras Tidur – Penggunaan Tempat Tidur Matras Yang Baik | Furniture Jakarta Terlengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s